Dekut Burung Kukuk


Dekut Burung Kukuk (bahasa Inggris: The Cuckoo's Calling) yaitu novel fiksi kriminal tahun 2013 karangan J. K. Rowling, yang diterbitkan dengan nama pena "Robert Galbraith".

Seorang detektif swasta berjulukan Cormoran Strike disewa oleh John Bristow, abang angkat dari supermodel ternama Lula Landry. Bristow ingin Strike menilik masalah bunuh diri adiknya. Charlie, saudara Bristow lainnya yaitu teman sekolah Strike. Ia tewas sehabis terjatuh ke dalam tambang dikala mengendarai sepedanya. Strike juga bertemu dengan Robin, sekretaris sementara yang ditunjuk untuk membantu Strike, meskipun ia tidak menginginkannya. Sementara itu, hidup Strike sendiri sedang kisruh. Kasus ini memberinya kelonggaran dalam hal keuangan, tetapi menuntut imbalan eksklusif yang mahal: semakin jauh beliau terbenam dalam masalah ini, semakin kelam kenyataan yang ditemuinya, dan semakin besar ancaman yang mengancam nyawanya.

Selama bertahun-tahun, Rowling seringkali membicarakan niatnya untuk menulis novel dengan genre kriminal. Pada tahun 2007, dalam ajang Edinburgh Book Festival, penulis Ian Rankin menyatakan bahwa istrinya melihat Rowling "sedang menulis" novel detektif di sebuah kafe.Rankin lalu menarik pernyataannya tersebut, berkilah bahwa itu hanyalah lelucon. Pada 2012, The Guardian berspekulasi bahwa novel Rowling berikutnya yaitu sebuah novel kriminal.

BBC melaporkan bahwa Rowling awalnya mengirim naskah kepada penerbit secara anonim, dan terdapat beberapa penerbit yang menolak naskahnya, termasuk Orion Books. Naskah tersebut risikonya diterima oleh Sphere Books, yang masih merupakan anak perusahaan Little, Brown & Company, penerbit novel Rowling sebelumnya, The Casual Vacancy (2012).

Di Indonesia, novel ini diterjemahkan oleh Siska Yuanita dan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dengan judul Dekut Burung Kukuk.

Sebelum identitas Rowling sebagai penulis novel ini terungkap, 1.500 eksemplar novel telah berhasil terjual semenjak perilisannya pada bulan April 2013, ditambah dengan 7.000 edisi buku elektronik, buku audio, dan buku perpustakaan.[9] Peringkat penjualan novel ini di Amazon melompat dari yang sebelumnya menempati posisi 4.079 menjadi posisi 1 sehabis identitas penulis novel terungkap pada tanggal 14 Juli 2013. Salinan bertandatangan novel ini juga berhasil terjual senilai $4,000–$6,000.

[Sumber: Wikipedia]

DOWNLOAD EBOOK DI SINI

0 Response to "Dekut Burung Kukuk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel