Gadis Kretek By Ratih Kumala


Pak Raja sekarat. Dalam menanti ajal, beliau memanggil satu nama wanita yang bukan istrinya; Jeng Yah. Tiga anaknya, pewaris Kretek Djagad Raja, dimakan gundah. Sang Ibu pun terbakar cemburu terlebih alasannya ialah seruan terakhir suaminya ingin bertemu Jeng Yah. Maka berpacu dengan malaikat maut, Lebas, Karim, dan Tegar, pergi ke pelosok Jawa untuk mencari Jeng Yah, sebelum maut menjemput sang Ayah.

Perjalanan itu bagai napak tilas bisnis dan belakang layar keluarga. Lebas, Karim dan Tegar bertemu dengan buruh bathil (pelinting) renta dan menguak asal-usul Kretek Djagad Raja sampai menjadi kretek nomor 1 di Indonesia. Lebih dari itu, ketiganya juga mengetahui kisah cinta ayah mereka dengan Jeng Yah, yang ternyata ialah pemilik Kretek Gadis, kretek lokal Kota M yang populer pada zamannya.

Apakah Lebas, Karim dan Tegar hasilnya berhasil menemukan Jeng Yah?

Gadis Kretek tidak sekadar bercerita wacana cinta dan pencarian jati diri para tokohnya. Dengan latar Kota M, Kudus, Jakarta, dari periode penjajahan Belanda sampai kemerdekaan, Gadis Kretek akan membawa pembaca berkenalan dengan perkembangan industri kretek di Indonesia. Kaya akan amis tembakau. Sarat dengan aroma cinta. (Goodreads)

0 Response to "Gadis Kretek By Ratih Kumala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel