Penjelasan Isu - Pengertian Berita

 Berita berasal dari bahsa sansekerta "Vrit" yang dalam bahasa Inggris disebut "Write" yang arti bekerjsama ialah "Ada" atau "Terjadi".Ada juga yang menyebut dengan "Vritta" artinya "kejadian" atau "Yang Telah Terjadi".Menurut kamus besar,berita berarti laporan mengenai kejadian atau kejadian yang hangat.

Berita ialah laporan tercepat mengenai fakta atau ilham terbaru yang benar, menarik dan atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media terencana menyerupai surat kabar, radio, televisi, atau media on-line internet.

News (berita) mengandung kata new yang berarti baru. Secara singkat sebuah informasi ialah sesuatu yang gres yang diketengahkan bagi khalayak pembaca atau pendengar. Dengan kata lain, news ialah apa yang surat kabar atau majalah cetak atau apa yang para penyiar beberkan.

Menurut Dean M. Lyle Spencer : Berita ialah suatu kenyataan atau ilham yang benar yang sanggup menarik perhatian sebagian besar dari pembaca.

Menurut Willard C. Bleyer : Berita ialah sesuatu yang termasa ( gres ) yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar. Karena itu ia sanggup menarik atau mempunyai makana bagi pembaca surat kabar, atau alasannya ialah ika sanggup menarik pembaca - pembaca tersebut.

Menurut William S Maulsby : Berita ialah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang mempunyai arti penting dan gres terjadi, yang sanggup menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat informasi tersebut.

Menurut Eric C. Hepwood : Berita ialah laporan pertama dari kejadian yang penting yang sanggup menarik perhatian umum

Menurut Dja’far H Assegaf : Berita ialah laporan wacana fakta atau ilham yang termasa ( gres ), yang dipilih oleh staff redaksi suatu harian untuk disiarkan, yang sanggup menarik perhatian pembaca. Entah alasannya ialah luar biasa, entah alasannya ialah pentingnya, atau akibatnya, entah pula alasannya ialah ia meliputi segi – segi human interest menyerupai humor, emosi dan ketegangan.

Menurut J.B. Wahyudi : Berita ialah laporan wacana kejadian atau pendapat yang memilki nilai penting, menarik bagi sebagian khalayak, masih gres dan dipublikasikan melalui media massa periodik.

Menurut Amak Syarifuddin : Berita ialah suatu laporan kejadian yang ditimbulkan sebagai materi yang menarik perhatian publik media massa.

Dari sekian definisi atau batasan wacana informasi itu, pada prinsipnya ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan dari definisi tersebut. Yakni: Laporan kejadian atau kejadian atau pendapat yang menarik dan penting disajikan secepat mungkin kepada khalayak luas.

Dalam informasi juga terdapat jenis-jenis informasi yaitu:

1. Straight News: informasi langsung, apa adanya, ditulis secara singkat dan lugas. Sebagian besar halaman depan surat kabar berisi informasi jenis ini,
jenis informasi Straight News dipilih lagi menjadi dua macam :

a.Hard News: yakni informasi yang mempunyai nilai lebih dari segi aktualitas dan kepentingan atau amat penting segera diketahui pembaca.
Berisi informasi kejadian khusus (special event) yang terjadi secara tiba-tiba.

b.Soft News, nilai beritanya di bawah Hard News dan lebih merupakan informasi pendukung.

2. Depth News: informasi mendalam, dikembangkan dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan.

3. Investigation News: informasi yang dikembangkan menurut penelitian atau penyelidikan dari banyak sekali sumber.

4. Interpretative News: informasi yang dikembangkan dengan pendapat atau penelitian penulisnya/reporter.

5. Opinion News: informasi mengenai pendapat seseorang, biasanya pendapat para cendekiawan, sarjana, ahli, atau pejabat,
mengenai suatu hal, peristiwa, kondisi poleksosbudhankam, dan sebagainya.

Bagian Berita

Secara umum, informasi mempunyai bagian-bagian dalam susunannya yaitu

Headline.
Biasa disebut judul. Sering juga dilengkapi dengan anak judul. Ia mempunyai kegunaan untuk: (1) menolong pembaca biar segera mengetahui kejadian yang akan diberitakan; (2) menonjolkan satu informasi dengan pertolongan teknik grafika.

Deadline.
Ada yang terdiri atas nama media massa, daerah kejadian dan tanggal kejadian. Ada pula yang terdiri atas nama media massa, daerah kejadian dan tanggal kejadian. Tujuannya ialah untuk menunjukkan daerah kejadian dan inisial media.

Lead.
Lazim disebut teras berita. Biasanya ditulis pada paragraph pertama sebuah berita. Ia merupakan unsur yang paling penting dari sebuah berita, yang memilih apakah isi informasi akan dibaca atau tidak. Ia merupakan sari pati sebuah berita, yang melukiskan seluruh informasi secara singkat.

Body.
Atau badan berita. Isinya menceritakan kejadian yang dilaporkan dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas. Dengan demikian body merupakan perkembangan berita.

Unsur-Unsur Berita

Dalam Berita Harus terdapat unsur-unsur 5W 1H yaitu :

(1) What - apa yang terjadi di dalam suatu peristiwa?

(2) Who - siapa yang terlibat di dalamnya?

(3) Where - di mana terjadinya kejadian itu?

(4) When - kapan terjadinya?

(5) Why - mengapa kejadian itu terjadi?

(6) How - bagaimana terjadinya?

(7) What next - terus bagaimana?

Demikian penjelassan mengenai berita, anda jadi mengerti klarifikasi wacana berita, dan apa saya yang terkandung dalam berita. semoga bermanfaat. Sumber

0 Response to "Penjelasan Isu - Pengertian Berita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel