Cara Gampang Mengatasi Komputer Hang

Cara Mengatasi Komputer Hang - Salah satu penyebab komputer hang ialah panas yang berlebihan pada prosesor. Hal ini sanggup disebabkan oleh pemakaian yang terlalu lama, sementara kipas prosesor tidak bekerja maksimal, atau pasta penyalur panas dari tubuh prosesor tidak sanggup menyalurkan panas dengan baik ke pendingin lantaran pasta telah kering. Keringnya pasta disebabkan oleh umur PC yang sudah lama.

Eitz,,, Anda sudah tau kan apa itu komputer hang? Mungkin ada yang sudah tau dan ada yang gres kenal, ilustrasi Hang ialah Komputer Berhenti tanpa sanggup dipakai dengan bahasa lain yaitu komputer ngadat atau Mogok kerja sanggup dibilang hidup tapi tidak berfungsi, kursor tak berkedip-kedip, pointer tidak sanggup di geser, tombol capslock dikala ditekan lampu indikatornya tidak menyala begitu juga tombol numlock tidak bereaksi. Secara tiba-tiba komputer Anda berasa di pause, tak sanggup bergerak, film yang di putar macet atau musik yang anda nyalakan suaranya tersekat.

Cara Praktis Mengatasi Komputer Hang Lakukanlah langkah sebagai berikut ini:

1. Cek kipas prosesor apakah masih bekerja dengan baik dengan cara memutar baling-balingnya, pastikan sanggup gampang untuk diputar, bila ternyata sulit bergerak segera cabut dan ganti kipas prosesor. Harga kipas prosesor sangat terjangkau, paling murah sekitar 60 ribuan.

2. Jika kipas prosesor ternyata masih bekerja dengan baik, cek pasta penyalur panas di bawah kipas yang menempel eksklusif dengan tubuh prosesor. Jika ternyata kering, segera gantikan pasta tersebut. Harga pasta tidak terlalu mahal, harganya tidak hingga 20 ribuan.


Diatas ialah klarifikasi yang sering terjadi, tapi penyebabnya banyak selain diatas, Berikut Penjelasan Lengkap mengenai komputer hang dan cara mengatasinya:

Sebenarnya banyak faktor yang sanggup menciptakan komputer menjadi lambat atau bahkan hang. Berikut ini ialah beberapa pengalaman saya ketika memperbaiki komputer yang hang.
  1. Komputer hang lantaran CPU kepanasan
    Sebagian komputer menjadi hang, lantaran sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan baik. Untuk menanggulangi hal ini ada beberapa cara yang sanggup kita lakukan :
    • Buka heatsing dan kipas processor secara hati – hati.
    • Bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan macet beri minyak pelumas sedikit pada serpihan poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
    • Bersihkan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan thermal paste yang baru.
    • Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
    • Perhatikan posisi heatsink (pendingin) dan kipas Processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.
  2. Komputer hang lantaran Power Supply kekurangan daya
    Ada kalanya juga komputer hang lantaran Power Supply yang sudah rusak, meskipun tidak menyebabkan mati total, kekurangan daya pada power supply sanggup menyebabkan kinerja komputer melambat bahkan komputer menjadi hang dan beberapa peralatan USB tidak terdeteksi atau tidak berfungsi.
  3. Komputer hang lantaran hardisk bad sector
    Saya pernah mengalami bencana dimana sehabis Windows booting semua tampak berjalan normal, tetapi ketika membuka sebuah dokumen dan mulai bekerja, tiba-tiba mouse dankeyboard diam, komputer menjadi hang!!!. Sayapun kemudian mencopot hardisk tersebut dan memasangkannya pada komputer lain kemudian menjalankan kegiatan checkdisk untuk mengusut dan memperbaiki keruksakan pada  hardisk tersebut. Setelah hardisk selesai diperbaiki kemudian dipasangkan kembali pada komputer sebelumnya dan Alhamdulillah kondisi komputerpun normal kembali.
  4. Komputer hang lantaran VGA Card rusak
    Beberapa komputer juga mengalami hang lantaran terdapat keruksakan pada katu VGA-nya. Hal ini juga pernah saya alami ketika seorang teman mengeluhkan kondisi komputernya yang tiba-tiba aja menjadi sering hang. Setelah saya cek ternyata heatsink pada kartu VGA terasa panasnya tidak normal, untuk itu sayapun kemudian mengganti kartu VGA tersebut dan ternyata sehabis kartu VGA saya ganti kondisi komputer menjadi normal kembali.
  5. Komputer hang lantaran koneksi LAN
    Untuk komputer yang terhubung ke jaringan, adakala terasa berat ketika mengakses data dari komputer lain, kegiatan berjalan lambat dan jadinya komputer seperti menjadi hang. Untuk memastikan komputer hang lantaran koneksi jaringan (LAN), lepaskan dulu kabel jaringan pada komputer kemudian jalankan komputer menyerupai biasa. Apabila semua berjalan secara normal sanggup dipastikan komputer hang lantaran koneksi jaringan.
Beberapa cara yang sanggup dilakukan adalah:
  1. pastikan konektor RJ45 terpasang dengan benar, bila perlu lakukan crimping ulang.
  2. gunakan perintah ping untuk mengusut koneksi jaringan (contoh perintah: ping -l 200 192.168.0.1)
  3. lakukan reset pada hub (switch) LAN, caranya sanggup dengan mencabut kabel power Hub/Switch tersebut, tunggu beberapa dikala kemudian masukan kembali.
  4. cara lain yang sanggup dilakukan ialah dengan memindahkan kabel jaringan dari port yang satu ke port yang lain (biasanya ada beberapa port dalam hub yang menjadi rusak lantaran masalah-masalah tertentu).
  5. troubleshooting yang juga sanggup kita lakukan ialah dengan mengganti kartu jaringan (LAN Card) dengan yang baru.

Sekian dulu klarifikasi Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Hang beserta solusinya, biar sanggup bermanfaat, trimakasih sudah berkunjung di blog . selamat mencoba

 Referensi:
http://era-autorefill.com/
http://tips-komputer.com/

0 Response to "Cara Gampang Mengatasi Komputer Hang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel